Hamparan Kehidupan

April 26, 2008 at 9:56 am 1 comment

Seringkali saat berada dalam situasi sulit kita merasa seolah menjadi satu-satunya makhluk yang menderita di muka bumi. Tak jarang, kita merasa tidak akan pernah bisa keluar dari masalah itu. Gelisah, cemas dan mengeluh. Tapi waktu telah membuktikan bahwa semua dugaan kita itu selalu salah.

Seperti saat kita belajar berjalan. Awalnya sulit dan hampir-hampir kita menyerah berusaha, tapi pada akhirnya bahkan kita mampu berlari dengan kencang.

Seperti saat hari-hari awal OSPEK yang kita alami, selalu terasa berat dan memuakkan. Namun dikenang indah dan penuh warna setelah setahun berlalu.

Manusia memang ditakdirkan bermasalah, lalu mengapa harus lari darinya? Hadapi dengan gagah. Toh penciptamu tak pernah menuntutmu selalu berhasil menaklukkan masalah. Ia hanya memintamu berusaha segenap yang kau bisa. Itu saja.

Memang, inna ma’al ‘usri…yusra, bersama kesulitan ada kemudahan. Tapi itu sebenarnya juga berarti: bersama kemudahan akan selalu ada kesulitan!

Hamparan kehidupan yang Allah bentangkan bagi kita sungguh teramat jarang datar dan mudah. Lebih sering ia mendaki, berkarang dan terjal.

Jadi bermimpilah terus wahai pendamba kesenangan tanpa perjuangan. Bermimpilah, hingga ajal menjemputmu dalam kesia-siaan.

Dan bagimu, para pahlawan peradaban, teruslah berjuang! Tiap tetes darah keringatmu akan bercucuran di timbangan amal, meninggikan derajadmu di sisi Pemutus Perkara yang paling adil.

Entry filed under: Tulisan Lama. Tags: .

Mari Berdoa Dari para nabi hingga kita kini

1 Comment Add your own

  • 1. roisadilgunawan  |  April 26, 2008 at 10:00 am

    ya bos, emang kadang kita ngerasa menjadi mahluk tuhan paling seksi didunia, eh paling sengsara didunia. padahal belum tentu, masih ada yang lebih parah nasibnya daripada kita. makanya hidup harus semangat. jangan pantang menyerah.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Chatting

Download

Arsip

Kalender Posting

April 2008
M T W T F S S
    Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 23,850 hits

%d bloggers like this: