Mari Berdoa

April 26, 2008 at 9:55 am 6 comments

Biasanya kalo pas kita dimintai bantuan seorang teman tapi lagi nggak niat pengen mbantu yang kita bilang adalah, “Afwan akhi kali ini saya cuma bisa mbantu dengan doa.” Biasanya juga, setelah mendengar kalimat ini pihak yang meminta bantuan langsung manyun trus menggerutu, ” Yee..sama juga bohong..!!”

Ternyata kita sering meremehkan arti penting do’a. Padahal kita tahu persis semua dalil yang ada selalu menempatkan do’a pada posisi yang sangat penting.

Yang paling mahsyur tentu hadits ini, ” Do’a adalah inti ibadah (addua’ mukhul ‘ibadah)”. Kita tahu persis bahwa satu-satunya alasan diciptakannya kita dan jin adalah untuk beribadah kepada-Nya, nah kalau do’a adalah inti dari satu-satunya alasan itu kok bisa-bisanya ya dalam praktek kehidupan kita sering kita meremehkan do’a ini.

Mungkin salah satu alasannya karena kita kurang yakin bahwa setiap doa kita pasti dikabulkan. Soalnya kita merasa jauh dengan pengabul doa itu, yaitu Allah swt. Padahal Allah sudah berfirman, ” Wa idza saalaka ‘ibadii ‘annii fainnii qariib. Ujiibu da’watid da’i idza da’an.” Saya cuma apal arabnya, lupa letak persisnya dalam Al Qur’an yang artinya kurang lebih, ” Dan jika hambaku bertanya tentang Aku maka (katakanlah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permintaan hamba-Ku jika ia meminta.”

Amir Khalid sering menulis dalam bukunya bahwa ayat ini menunjukkan bahwa syarat dikabulkannya doa itu sebenernya intinya satu: jika kita meminta, itu aja. Kalau kita meminta sungguh-sungguh dan yakin akan dikabulkannya doa itu, maka pasti akan dikabulkan. Jangankan kita, lha wong makhluk paling bejat yang pernah ada saja, yang terang-terangan menentang Allah swt saja, dikabulkan kok doanya.

Ingat kisah iblis kan? Setelah menolak perintah sujud kepada Nabi Adam as, dia dihukum dikeluarkan dari surga dan hendak dimasukkan ke neraka. Waktu itu ia meminta tangguh kepada Allah hingga hari kiamat untuk menggoda manusia dan langsung dikabulkan bukan? Lihat, Iblis pun berdoa (meminta) kepada Allah dan dikabulkan. Jadi apa dong yang menjadikan kita kurang PD dengan doa kita?

Benar bahwa itu semuapun memang sesuai rencana dalam takdir Allah, tapi bukankah seluruh kehidupan kita ini juga telah terencana dalam takdir Allah?

Tapi kalau kita belum ngerasa PD juga untuk berdoa ya minta didoakan aja oleh orang-orang yang keliatannya lebih besar kemungkinan dikabulkannya doanya. Makanya ada baiknya menyimpan sebanyak-banyaknya nomor Ustadz di HP kita untuk kita mintai doa.

Selamat berdoa.

Entry filed under: Tulisan Lama. Tags: , .

Aamul Huzni Hamparan Kehidupan

6 Comments Add your own

  • 1. kangNARSE  |  June 3, 2008 at 3:54 am

    aslmkm….
    berkunjung k-Ustadz dl ah….
    gmn Tad, msh sering berdoa n sholat malam kah??? wah mungkin ustadz dah lupa doain saya.
    y….bg2lah “ukhuwah” qta. seringkali qta ingat “sodara” jk butuh saja.BUT, bg2 G D BUTUHKAN ya d”lepeh” aja (afwan Tad jk kasar)
    saya sering berdoa untuk “mantan” temen2 yang dulu ngajak saya b”juang”. tp entah kenapa, ktika saya kontak mrk.bnyak yang dah lupa klo saya msh ada.
    BUT, saya masih bangga punya beberapa”SODARA SEJATI” yang dia menjadikan saya “tetap” sebagai sodaranya, di saat banyak orang mAnggap “SAYA sdh jd SAMPAH”
    Tad,jk berkenan sisipkan sebait doa u/saya dDalam doa panjang Ustadz y…
    mg Alloh ttp menunjuki kJalan yang tidak salah.
    salam dr KOTA AMONIAK (Bontang East Borneo)
    wassalam.
    (semoga “qta” msh bSodara,amin….)

    Reply
    • 2. Yudhy Herlambang  |  June 4, 2008 at 1:44 pm

      Wa’alaykum salam. Wuih dapet kunjungan kehormatan ni dari Mas Narso. Kalo saudara kayak Mas Narso mah saya gak bakal lupa. Sukes buat perantauannya, semoga sebagaimana yang dicitakan…

      Reply
  • 3. kangNARSE  |  June 3, 2008 at 3:57 am

    jng lupa nasehati saya lewat link saya y bro

    Reply
  • 4. TantiKu  |  August 28, 2008 at 1:20 pm

    Betul Mas, kita harus meminta dan yakin akan dikabulkan. Saya juga sedang meminta segera dipertemukan dengan jodoh nih, he, he. Doakan saya juga ya Mas, kan kita harus banyak minta didoakan juga supaya lebih banyak lagi kesempatan untuk dikabulkan,😀.
    Oya, saya blogger pemula nih, kunjungi blog saya dan beri saran ya Mas, makasih.

    Reply
  • 5. ucup  |  December 3, 2008 at 2:55 am

    wah mas aku berdoa memhon spaya aku bner2 bsa dpat cinta dari allah dan rsul bner ga…btuh proses si…tapi aku salah ga lo mnta buat aku dpat cinta dari seseoran gmakhluk/hamba allah yan g uda ga ma kita gi…mantan gitu loooo….ya dlam artian aku cma mau syan gdia krena allah…salah ga mas

    Reply
    • 6. Yudhy Herlambang  |  December 4, 2008 at 1:46 pm

      Ya nggak salah juga sih dek, kalo nggak dibarengi upaya-upaya memaksakan kehendak ke si mantan buat balik lagi he..he..🙂 Cuma apa nggak rugi mengharap cinta dari seorang yang belum tentu terbaik buat kita sampe segitunya? Gimana kalo minta aja ke Allah buat dipilihin yang terbaik buat adek? Kalo serius mintanya, pasti dikasih, insya Allah.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Chatting

Download

Arsip

Kalender Posting

April 2008
M T W T F S S
    Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 23,850 hits

%d bloggers like this: