Sudahkah kita pantas?

October 8, 2009 at 2:00 pm Leave a comment

Boleh lah kalau beberapa tulisan terakhir ini disebut sebagai ” Edisi Mengenang SKI”. Rasanya aneh memang merasa tertausiyahi oleh diri sendiri, tapi begitulah adanya.

Membaca kembali tulisan-tulisan yang saya susun sendiri di masa peluh keringat aktivitas dakwah kampus itu masih deras membanjir, menjadi tamparan tersendiri bagi diri. Seolah saya yang sekarang ini begitu jauh dari sosok itu dalam menggeluti dakwah. Begitu manja dan terlena.

Semoga antum tak keberatan menyimaknya bersama saya, sebuah tausiyah dari saya, untuk diri saya sendiri…

Sudahkah kita pantas ?

Pada suatu malam Rasulullah bangkit dari istirahat malamnya kemudian seperti biasa mengambil air wudhu untuk menghadap Tuhannya dalam sepenuh kepasrahan.

Betapa terkejutnya Aisyah yang terbangun kala itu ketika mendapati kekasihnya masih saja khusyuk bertaqarrub ilallah meski kakinya bengkak karena lama berdiri dalam sholat malam. Maka begitu Rasulullah selesai bermunajat, Aisyahpun segera menghampiri pujaan hatinya itu dan dengan nada cemas bercampur heran ia bertanya,” Ya Rasulullah, bukankah engkau ini seorang yang ma’shum, seluruh dosa yang lalu dan yang akan datang telah Allah ampuni dan sungguh engkau telah dijamin masuk surga. Lalu mengapa engkau harus beribadah sekeras ini?”

Sambil tersenyum Rasulullah menjawab dengan tenang,” Tidak bolehkah aku bersyukur pada Tuhanku?”

Jauh sebelum itu, ketika Khadijah masih di sisi Rasulullah, ketika turun wahyu yang memerintahkan Rasulullah menyeru manusia pada jalan Allah, rasulullah berkata, “sungguh telah habis waktu untuk beristirahat…” dan sungguh sejak saat itu rasulullah tidak pernah berhenti dan beristirahat dari memikirkan umat dan menyerukan dakwah ilallah.

Saudaraku, demikianlah teladan yang telah diberikan Rasulullah pada kita tentang bagaimana seharusnya kita beramal untuk meraih ridho Allah SWT. Begitupun para sahabat.

Masih ingat bukan bagaimana Abu Bakar Ash Shidiq menginfaqkan seluruh hartanya untuk membiayai sebuah peperangan di jalan Allah dan hanya meninggalkan Allah dan Rasul-Nya bagi keluarganya?

Atau sudahkah kita lupa dengan kisah Mush’ab bin Umair, pemuda terganteng Mekah waktu itu, yang pakaiannya paling bagus, yang digandrungi gadis-gadis mekah namun rela mengorbankan segala yang dimilikinya bahkan meninggalkan ibu yang sangat dicintainya demi dakwah ilallah. Hingga ketika syahid menjemputnya bahkan kain kafan yang dimilikinya tidak mampu menutup seluruh tubuhnya.

Mungkin kita memang sudah lupa, atau setidaknya pura-pura lupa dengan semua fakta sejarah yang menunjukkan bahwa untuk menggapai surga tidak bisa melalui jalan yang bertabur bunga dan senang. Yang nyaman, sejuk dan datar. Tidak! Bahkan sejarah menunjukkan bahwa kemuliaan syahid hanya didapat oleh mereka yang berjuang keras, menerjang badai, mendaki gunung kesulitan, menetapkan langkah pada jalan yang berpijar panas dan membakar.

Maka heranlah saya atas ungkapan ini : “…kita tidak usah terlalu ngoyo* dalam berdakwah, akhi!” Saya justru bertanya, “ Memangnya sudah sengoyo apakah kita dalam jalan ini? Sudah seberapa yang kita beri untuk dakwah ini? Sudah pantaskah kita mengharap surga atas semua ini? “

Sungguh saya tidak berani mendengar jawabnya karena saya akan terlalu malu karenanya…

*Ngoyo: bahasa jawa, artinya ‘berlebihan berusaha’

Entry filed under: Tulisan Lama. Tags: , , , .

Maafkan saya seribu kali… Fitrah Bosan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Chatting

Download

Arsip

Kalender Posting

October 2009
M T W T F S S
« May   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 23,850 hits

%d bloggers like this: